SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 15 Maret 2009

Soto Medan Sinar Pagi, Medan

Tempat makan pertama yg akan saya sampaikan adalah tempat yang menjadi pavoritnya orang Medan, dan tentu yg paling dicari oleh tamu-2 kota Medan. Padahal tempatnya rada nyempil di ujung jalan Sungai Deli. Udah gitu nggak pake AC, yang ada kipas besar 2 unit. Jadi kalo kita doyan pedes, dijamin bakal keringetan. Udah gitu utk golongan tertentu kayaknya dianggap kurang bersih (kalo buat saya nggak masalah, yang penting rasanya Bro).
Mana lagi kalo bukan SOTO MEDAN SINAR PAGI.

Well, mungkin sudah begitu banyak artikel, tulisan dan postingan dari bloger lain yang menceritakan tempat makan yang satu ini. Yap, ini tempat emang sangat famous diseluruh Medan. Mungkin udah se-Indonesia. Seporsi harganya 15 ribuan. Dan disini sebenarnya yang disajikan tidak hanya soto Medan tapi juga soup daging sapi. Tapi yang menjadi brand tempat makan ini yah soto Medannya. Sotonya sendiri ada beberapa pilihan, Soto Ayam, Soto Daging dan Campur. Maksudnya Soto Campur ini, campuran dari daging dan daleman yang digoreng agak kering, seperti paru, babat, usus dan lainnya. Buat saya pribadi, Soto Medan edisi Campur inilah yang menjadi pilihan tetap saya. Karena ada sensasi kriuk, yang renyah dan gurih. Bayangin, nasi putih hangat, diguyur kuah soto yg juga hangat, minumnya teh pait hangat..Nyam...nyam.....mantep punya choi. Soto dan soup tadi disajikan bersama pendamping setianya, sambel kecap. Untuk menambah kenikmatan disajikan juga perkedel, emping atau peyek udang yang renyah. Makin mantrap men...
Lokasinya nggak jauh dari Hotel Asean (+/- 400mtr). Kalo kebetulan nginep disitu tinggal keluar dari loby depan, langsung belok kanan kearah jam tugu SIB. Pas udah sampe situ belok kiri. Terus lurus aja, dan akan terlihat pohon asem yg lumayan gede dari kejauhan, dan parkiran mobil yg agak rame. Itulah dia. Tapi kalo lagi males jalan, tinggal panggil Betor (becak motor). Bilang aja ke Soto sinar Pagi. Kalo dia pasang tampang bingung, pura-2 bego dan linglung (padahal sih pura-2), bilang aja "Itu yang sebelum patung Guru Patimpus Boss, 3 ribu mau nggak". Kalo dia bilang, "tambah dikitlah Boss". Ya udah terserah, tapi paling tinggi kasih aja 5 ribu.
Dan kalo Anda kebetulan nginepnya di Hotel Arya Duta juga nggak jauh-2 amat. Paling 500mtr jaraknya. Tinggal keluar dari loby depan Mall Paladium (satu gedung dng Hotel Arya Duta). Terus kearah kiri, lurus aja, jalan terus melawan arahl alu lintas. Lewatin jembatan, terus lagi lewatin patung Guru Patimpus. Begitu sampe diujung ruko disebelah kanan anda, tolehkan wajah anda ke kanan. CILUK BAA.... Soto Sinar Pagi di depan Anda. Tapi kalo males jalan, naik Betor aja. Kalo naik Taxi ntar dibawa muter2, soalnya terlalu deket. Udah gitu kalo nggak pake argo bakalan di peres deh. Atau sopir taxinya malah nggak mau nganter, abis ya itu tadi, terlalu deket. Tapi kalo naik Betor, tawar aja 5 ribu.
Oh iya. Tempat makan yang satu ini buka mulai jam 08.00 sampai jam 14.00. Tapi tergantung jumlah pelanggan yang dateng. Kadang nggak sampe jam 14.00 udah habis. Terus kalo bulan puasa mereka biasanya tutup. Mudik kali ya.
Kalo Anda nginepnya di Hotel JW Marriot, juga nggak jauh-2 amat, nggak sampe 1 kilo meter. Dari pintu keluar di sayap kanan hotel Anda belok ke kanan kearah jalan Guru Patimpus. Jalan terus mengikuti trotoar sisi bagian luar pagar Deli Plaza atau sekarang namanya Deli Grand City. Begitu melewati jembatan yang menyebrangi sungai deli, ada mesjid kecil di sis kiri anda. Anda belok kiri menyusuri jalan Sungai Deli. Lurus aja terus. Jalan ini nanti akan berbelok kearah kanan dan terlihatlah pohon Asem di ujung jalan ini. Dan ada mobil-2 yg terpakir disisi jalan agak rame. Disitulah Soto Medan Sinar Pagi. Dan kalo sekali lagi Anda males jalan. Pilihlah Betor. Tarif sama juga 5 ribu doang. Kalo abang becaknya minta lebih, itu karena mereka tahu Anda nginep di JW Marriot. Ha...ha...ha. Hotel mewah Bo'. Kayaknya nggak enak juga kali yah, kalo mereka pasang harga 10 ribu terus kita tawar 5 ribu. Ntar dibilang pelit. Dia bilang dalam hati, "Gaya saja rupanya kau nginep di JW Marriot. 10 ribu pun kau tawar". Ha...ha...ha...INI MEDAN BUNG, dia nggak akan sungkan-2 mengatakan hal itu.
Ya itulah enaknya Medan. Kemana-mana deket. Dan memang kebetulan tempat makan yang satu ini berada di tengah kota. Dan kota Medan memang nggak seluas Jakarta ato Surabaya. Jadi kemana-mana deket. Enak khan. Kalo pun Anda ngibep di Hotel Dharma Deli, Hotel Danau Toba, Hotel Tiara, atau Hotel Polonia Paling banter tarif betor kesana 10-15 ribu deh. Tapi kalo Anda menginap di Hotel Soechi Jl. Cirebon dan juga Hotel-2 dijalan sisingamangaraja seperti Hotel, Antares, Hotel Garuda Plaza, Hotel Daksina mending pake taxi aja. Dan pastikan mereka pake argo, kalo mereka nggak mau pake Argo, pastikan harganya nggak lebih dari 25 ribu.
OK.... sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan tentang SOTO MEDAN SINAR PAGI. Sekali lagi, dijamin. Nggak akan nyesel makan ditempat ini. Yang ada akan membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba. Selamat menikmati.

Tidak ada komentar: