SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 15 Maret 2009

Mie Soup Blitar, Polonia, Medan

Pernah tahu yang namanya Mie Soup?. Atau biasanya dikenal dengan Mie Soup Ayam?. Karena memang ada potongan ayam goreng didalamnya. Saya tidak tahu apakah diluar Sumatera Utara ada makanan ini. Atau makanan seperti ini. Makanan ini seperti Baso daging sapi. Tapi yg ini tidak ada basonya dab kuahnya lebih pekat dan ditaburi dng irisan daging ayam.
Di Medan, Mie Soup adalah makanan yg banyak disukai masyarakat. Seperti saya sampaikan diatas. Sajiannya terdiri dari mie kuning atau mie putih/ mie hun (tergantung selera Anda), irisan daging ayam, taburan bawang goreng dan daun seledri dan ada tampahan potongan risol kecil. Tapi di tempat yang satu ini agak berbeda.
Namanya Mie Soup Blitar. Agak membingungkan memang. Apa bener di Blitar ada mie soup ?. Kok SBY nggak pernah cerita yah..?.


Terletak diemperan ujung jalan Polonia. Sekali lagi jalan Polonia. Bukan jalan deket bandara Polonia. Ini agak keluar dari sekitar bandara Polonia. Pas diluar pagar yayasan pendidikan "Sekolah Polonia". Kira-kira 800meter dari persimpangan jalan Mongonsidi Plaza. Berada dibahu kiri jalan. Dipayungi terpal biru (warna ini sepertinya udah jadi standar wajib tenda pedagang emperan deh). Kursi alakadarnya terbuat dari kayu dan papan, memanjang mengikuti panjang mejanya. Nggak nyaman banget deh pokoknya. Ada sekitar 6 meja panjang. Tapi yg nggak enaknya, tempat ini buka mulai jam 17.00 sampai habis (sekitar jam 19.30 wib). Sebentar doang udah gitu waktunya itu adalah waktu yg nanggung utk makanan agak berat seperti ini. Tapi tetep aja setiap hari selalu rame. Habis enak sih.
Harganya relatif murah satu porsi Rp. 9.000 kalo setengah porsi Rp. 6.000. Kuahnya agak pekat, dan terasa gurih, sedikit manis (manis kecap). Nah yg membedakannya Mie Soup Blitar ini dari Mie Soup lainnya adalah disajikan dng sepotong ayam goreng yg digoreng kering (tapi kalo Anda lagi laper dan pingin dua potong atau lebih silahkan). Jadi sajiannya adalah semangkuk Mie Soup Ayam Blitar dan satu porsi ayam goreng kering. Ayam goreng ini disajikan terpisah dan disajikan dng sambel kecap khusus yg ditaburi bawang goreng. Satu porsi ayam gorengnya Rp. 15.000. Jadi satu porsi komplit adalah Rp. 24.000. Cukup murah lah ya.
Lokasi ini paling mudah dicapai bagi Anda yg menginap di Hotel Pardede, Jl. Juanda. Jalan Juanda dan Jl. Mongondisi saling menyambung. Dari Hotel Anda ambil arah kiri. Jalan terus ke arah MONJA. MONJA ini singkatan dari Mongonsidi Plaza, tempat jual barang-2 2nd dari luar. Tapi jangan pernah Anda membayangkan ada gedung plaza, nggak ada, ini hanya istilah orang Medan. Jalan terus sekitar 300meter mengikuti arah kendaraan disamping Anda. Setelah itu Anda akan temui diseberang kanan ada kantor Telkom (speedy), lewat lagi sedikit beberapa tarikan nafas, Anda akan temui ada jalan ke kiri, itulah jalan Polonia.
Dari ujung jalan itu Anda jalan lurus sekitar 800 meter. Luruuus.s.ss. aja. Nanti Anda akan menemukan ada keramaian dng perkiran mobil dan motor. Lihat disebelah kiri, ada tenda dan tendanya, warna biru?. Itulah dia. Tapi kalo Anda males jalan ya udah panggil aja BETOR, becak motor. Paling cuman Rp. 5rb tarifnya. Deket kok.
Hotel lain yg dekat dng lokasi adalah Hotel Polonia di jalan Jend. Sudirman. Kalo dari sini saya nggak menyarankan jalan kaki deh. Bisa gempor boss. Apalagi pulang pergi, bisa ngesot. Mending naik BETOR lagi aja. Paling tarifnya Rp. 15rb doang. Dan jangan lupa nego dulu ama pengemudinya, jangan main naik aja. Bahaya, nanti dia suka ngasih harga sesuka udelnya.
Hotel lainnya seperti Hotel Danau Toba dan Hotel Tiara Medan. Tarifnya relatif sama sekitar Rp. 15rb. So, kalo pengen tahu rasanya Mie Soup yang satu ini, Mie Soup Blitar. Silahkan kunjungi. Dijamin nggak nyesel, karena INI MEDAN BUNG. Surga kuliner Sumatera. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: