SELAMAT BERIBADAH PUASA

Jumat, 20 Maret 2009

Sop Kambing Tresno, Pasar Ikan Lama, Medan

Apakah suka makam daging kambing..? Atau apakah Anda seorang penyuka masakan dengan menu daging kambing.?. Atau apakah Anda seorang penyuka soup..? Bila jawaban Anda ya, berarti Anda sangat perlu untuk mencoba Soup Kambing yang satu ini. Sop Kambing Tresno.....

Tempat makan yang satu ini berada masih diseputaran pusat kota Medan. Terletak di jalan Guwang Ju, Medan atau dikenal juga dengan nama jalan Ahmad Yani. Jalan tersebut berada dikawasan jala Perniagaan. Dan wilayah ini dikenal juga dengan sebutan PASAR IKAN LAMA. Atau orang Medan lebih familiar dengan sebutan PAJAK IKAN LAMA. Pajak dalam hal ini artinya pasar. Jadi masih berada di seputaran Lapangan Merdeka atau jalan Kesawan, Medan. Tahukan..? Ituloh, tempat para wisatawan (terutama ibu-ibu) suka beli bahan baju. Bisa dibilang ini Tanah Abang-nya Medan deh....
Menu yang tersedia di tempat ini adalah soup kaki kambing, soup daging kambing dan juga soup kepala Kambing. Sop Kambing Tresno ini agak berbeda dengan soup kambing pada umumnya. Kalo biasanya soup yang kita kenal kuahya umumnya bening dan banyak sayuran seperti kentang, wortel, kadang ada buncis dan lainnya. Atau kadang juga soup yang berkuah agak kuning dan berlemak. Tapi untuk soup yang satu ini berbeda sama sekali. Kuahnya berwarna merah seperti warna wortel. Dan kuahnya agak kental, tapi bukan karena lemak. Soup yang satu ini tidak terlihat ada endapan atau lemak yang mengambang seperti soup pada umumnya. Warnanya seperti warna wortel, atau memang kuahnya dicampur dengan wortel atau tomat yg dihaluskan kali yah..? wah saya nggak sempet nanya, takutnya ini termasuk rahasia perusahaan.
Sop Kambing Tresno ini rasanya gurih dan sedikit manis, mantrap punya lah, nikmat abis. Tapi manisnya seperti manis tomat. Ada beberapa potong wortel yang dipotong memanjang. Juga ada irisan tomat mateng. Dagingnya menurut saya termasuk potongan besar. Anda tak perlu khawatir, dagingnya ini benar-benar daging, dan bukan daging yang membalut tulang. Atau dagingnya sedikit tapi banyakan tulangnya. Nggak, disini yang dihidang benar-benar daging melulu, meski ada sedikit tulangnya. Dagingnya besar-besar dan warnanya masih merah khas daging kambing yang masih segar. Bukan berarti mentah yah, maksud saya dagingnya bukan seperti daging yang sudah terlalu lama di bekukan. Tapi masih daging segar.
Dihidang dengan sepiring nasi putih, (dan menurut saya porsi nasi sepiring ini sama sekali nggak cukup utk ganjel perut saya) dan sepiring kecil kecap manis dng potongan bawang merah dan cabe hijau. Tapi ya itu tadi, satu porsi soup ini sepertinya tidak berimbang dengan takaran nasinya. Sehingga terkadang untuk satu porsi Sop Kambing Tresno ini saya makan berdua (kadang tamu-tamu lain suka melihat kami seakan mereka berkata,”Pedit banget sih tuh orang”). Habis kalo dimakan sendiri, suka ’engap, kenyang banget, begah.
Harga perporsi untuk soup daging dan soup kaki kambing Rp. 25.000 sedang untuk soup kepala kambing Rp. 60.000. Nasinya seporsi seharga Rp. 3.000. Emping yang menemani santapan soup ini sebungkus seharga Rp. 3.000. Ada juga dihidangkan sate kerang dengan harga pertusuk Rp. 3.000 (heran yah, mungkin pedagangnya suka angka 3 kali yah).
Buka setiap hari kecuali hari Minggu atau hari libur mulai dari Jam 19.00 (sekitar habis Mahgrib) sampe jam 23.00 WIB atau mana duluan, waktu tersebut atau dagangannya duluan yang habis.
Untuk mencapai Sop Kambing Tresno ini gampang sekali.
Bagi Anda yang menginap di Hotel Dharma Deli, Anda tinggal panggil BETOR (becak Motor), bilang saja jalan Guang Ju atau Jalan A. Yani (Kalo dia tanya,”A. Yani mana Pak.?”. Ini pertanyaan yang mencoba ngetest Anda, Dibenaknya dia mencoba kira-2 Anda bisa dikerjain dng keliling kota nggak biar agak jauh atau tidak). Bilang saja A. Yani Kesawan. Tarif paling banter Rp. 5000. Jangan mau lebih.
Begitu juga bila Anda menginap di hotel Arya Duta, atau JW. Marriot Medan. Tarif dari Arya Duta paling Rp. 5.000-7.000. Kalo dari JW Marriot mungkin Rp. 10.000 (soalnya kalo Anda tawar dari Rp. 10.000 ke Rp. 5.000 keterlaluan juga sih, malu ama tempat Anda menginap dong). Bila Anda telah mencapai Jalan Guang Ju ini akan Anda lihat ada keramaian kecil disebelah kanan jalan. Disana ada beberapa meja di emperan jalan. Ada lemari kaca dng tulisan Mie Ayam. Dan disebelahnya (masih dalam satu ruko) ada gerobak kayu. Itulah dia Sop Kambing Tresno.
So..bila Anda sedang dalam perjalanan dinas, atau sekedar berlibur ke Medan. Silahkan mencoba. Dijamin nggak akan menyesal. Sumpah...suwer deh..ini soup kambing uenak bangets. Harap maklum INI MEDAN BUNG. Surga kuliner Sumatera bahkan mungkin Indonesia. Selamat menikmati

Tidak ada komentar: