SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 15 Maret 2009

Mie Ayam Polonia, Medan

Hampir kita semua pernahlah ya makan Mie Ayam. Dan kita juga tahu bermacam cara penyajian Mie Ayam, dan juga bumbu-2 masaknya. Di Medan ini ada juga Mie Ayam yang cukup terkenal sejak tahun 90an. Dikenal dng nama Mie Ayam Polonia. Dinamakan demikian karena letaknya di daerah kecamatan Polonia. Dan memang dekat bandara int'l Polonia, Medan.

Tempat makanya bukan berbentuk resto, cafe atau bahkan warung. Tapi hanya satu gerobak sorong layaknya gerobak Mie Ayam keliling, hanya saja yang satu ini nggak keliling. Tapi mangkal ditempat. Dan tempat makannya hanya berupa meja panjang dengan kursi panjang yg memanjang disisi tiap meja. Atapnya dari terpal plastik warna biru, dinaungi pohon waru yg mungkin lebih tua dari usia usaha itu sendiri. So, namanya juga selera emperan. Tapi meski demikian soal rasa, tak usah sangsi, mantrap punya Boss. Pilihan penyajian antara lain Mie ayam polos, Mie ayam pake telor, atau pake Baso, atau pake baso dan telor. Terserah tergantung selera dan daya tampung lambung masing-2. Dan juga ada cemilan pendampingnya. Ada krupuk mie, ada kerupuk begadang, juga penjaja tua yg menjajakan kerupuk jange'/kulit dan ada baso gorengnya juga. Waahh.....bener-2 mantraplah. Harga perporsi tergantung pesenan tapi antara 5 ribu sampe 10ribu doang kok. Murah khan.... Udah murah, mantrap pula. Soal minuman ada pilihan juga, jeruk panas atau dingin. Teh manis panas atau dingin. Atau teh pait atau air minum kemasan. Atau air putih doang juga ada kok. Kalo emang lagi cekak, nggak usah malu-2 pesen minumanan yg satu ini. Nggak perlu jaim.
Lokasinya emang bener-2 deket bandara Polonia. Pas diseberang Depo Pengisian bahan bakar pesawat. Tepatnya dijalan Suwondo. Jadi kalo Anda berkunjung ke Medan, begitu Anda tiba di bandara Polonia Medan. Dan keluar dari gerbang bandara, langsung kearah kiri. Terus lurus dan dikiri kanan Anda adalah tembok besar yang norak dan egois dari komplek perumahan The Palace Resident yg mewah itu, kurang lebih setelah 300 meter diujung jalan belok kiri. Ini namanya jalan Perhubungan Udara. Lurus lagi sekitar 100 meter, mentok Depo Pengisian Bahan Bakar pesawat Anda ambil kanan. Dan lihat ke sebelah kanan Anda, ada atap dari terpal warna biru dan kendaraan-2 yg terparkir dng posisi semaunya tanpa perduli kalo ngalangin jalan. Itulah dia Mie Ayam Polonia.
Hotel terdekat adalah, Hotel Polonia dan Hotel Pardede. Tapi kalo naik becak motor meski deket, sebaiknya nego dulu. Takutnya tukang becaknya rese'. Ntar malah diperes dompet kita. Tapi tarifnya paling cuman 7 ribu doang. Tapi kalo dia minta 10 ribu, ya udah kasih aja.
Nggak dianjurkan pake taxi, kecuali emang Anda termasuk orang yg malu kalo ketahuan lagi naik becak motor/ gengsi bo'. Atau takut parfum Anda akan hilang wanginya berganti bau asep dan debu, silahkan. Karena jarak dari kedua hotel terlalu deket. Yang ada ntar sopirnya malah minta 25 ribu sekali antar. Itu juga kalo dia mau.
Kalo dari Hotel lain seperti. JW Marriot, Arya Duta, Asean atau Dahrma Deli tarif becak kisaran 15 ribu. Nah kalo dari sini bolehlah pake taxi. Disarankan taxi yang menggunakan tarif berdasar argo. Atau kalo Anda menginap di hotel-2 sekitar jalan Sisingamangaraja seperti Hotel, Garuda, Garuda Plaza, Antares dll dan Anda pengen mencoba Mie Ayam Polonia ini, tarif taxi sekitar 25 ribu. Atau cari taxi yg menggunakan argo juga.
So...kalo Anda kebetulan ke Medan, dan Anda ingin mencicipi Mei Ayam Polonia ini. Silahkan cari, begitu ketemu, langsung JULI, JUmpa LIbas...Selamat menikmati.

2 komentar:

medan.rokokherbal mengatakan...

Mie Ayam Utama. Udah 7 tahun saya langganan. Rasanya boleh diadu. Rasanya cukup khas. Harga pas aja. Mie pake ayam doang, cuma 6000 perak, pake telor 7000. pake bakso juga bisa, sesuai pesanan.
Minuman sih, biasa aja. Teh botol sosro. Air putih juga ada.
Lokasi berada di jalan utama, kotamatsum. Masuk dari Yuki SM.Raja bisa, dari Jl. Halat juga bisa. Klo dari Yuki, masuk jalan amaliun, terus aja, belok kanan jalan cemara, terus jumpa jalan Utama, belok kiri. Nah tuh warung deretan sebelah kanan. Biasanya rame sepeda motor. Coba ndiri, dijamin ketagihan.

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas komennya yah. Bulan depan ke Medan nih. Saya akan sempatkan berkunjung kesana deh.
Tanks