SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 15 Maret 2009

Sate Padang Bata, Kesawan, Medan

Sate Padang. Wah makanan khas dari Sumatera Barat yang telah menyebar keseluruh Indonesia (seperti orang padang yg suka merantau) ini merupakan salah satu favorit saya. Bumbunya yang kental dan aromanya yang harus dng bumbu yang menyengat, nikmat sekali rasanya.
Di Medan ada banyak sekali tempat utk menikmati Sate Padang. Hampir disetiap tempat berkumpulnya pedagang makanan ada penjual Sate Padang. Nah yang akan saya sampaikan disini adalah Sate Padang Bata.

Terletak di jalan Jend Ahmad Yani (kayaknya cuma di Medan ini deh Jalan Jend. A. Yani adalah jalan kecil dan bukan jalan utama pula). Jalan A. Yani ini terhubung dng Jalan Kesawan dan jalan Mesjid di wilayah Medan Kesawan. Tahu jalan kesawan..?, ituloh tempat yg dulu sempet dijadikan lokasi jajanan malam kota Medan (Kesawan Square), tapi gagal. Karena harga makananya relatif mahal, dan makanannya juga biasa-2 aja. Udah gitu ribet pula cara transaksinya. Mesti pake tukar kupon segala. Cape' deehh.... Yang deket dengan Lapangan Merdeka. Lapangan Merdeka ini adalah lokasi Merdeka Walk. Merdeka Walk ini pengganti dari Kesawan Square, tempat utk menikmati berbagai macam makanan. Tapi Merdeka Walk ini lebih baik dan selalu ramai oleh pengunjung.
Nah di jalan Kesawan ini ada toko (outlet) sepatu Bata. Dan Sate Padang yang satu ini terdapat di situ, tepat disamping toko sepatu Bata ini, mepet ke temboknya, inilah jalan jend. A. Yani itu. Makanya dikenal dng sebutan Sate Padang Bata. Berdiri sejak tahun 90-an. Kalo denger ceritanya sih yg duluan buka calak disitu pedagang es krim sodanya. Pedagang es krim soda inilah yg ngajak pedagang Sate Padang ini mangkal disitu. Dan hingga sekarang, mereka tetep kompak.
Sate Padang Bata ini dujual Rp. 13 ribu/porsi. Nah pilihan satenya juga bermacam pilihan, ada daging lembu, dagig kambing, daging ayam, usus sapi, hati sapi, lidah sapi dan juga tetelan sapi. Nyaa.a.a.mm. Mantrap men. Bumbunya bertekstur agak kasar dan sedikit lebih kental dari biasanya. Tidak terlalu pedas dan satenya lumayan besar-2. Kalo utk saya, satu porsi tanpa ketupat (kalo di Medan ini kadang tetep aja dibilang lontong...aneh) udah cukup mengenyangkan perut saya. Teman menyantap Sate Padang ini ada kerupuk jange'/ kulit sapi atau keripik sambel. Nikmaaa.a.a.at choi.
Sambil makan kita diiringi musik jalanan. Tapi yang ini bukan pengamen, melainkan suara lalu lalang kendaraan yg melintas diamping kita. Sesekali ada teriakan terus..terus..dari juru parkir...atau klacson dari motor atau mobil yang melintas dijalan A. Yani ini. Ya itulah, namanya juga emperan. Tapi disinilah warnanya jajanan emperan. Seru khan.
Karena berlokasi di Kesawan lokasinya cenderung mudah dicapai. Dari Hotel Dharma Deli paling deket. Keluar hotel Anda tinggal belok kanan. Berjalan lurus melawan arah. Jangan nyebrang ke kiri (Lap. Merdeka). Karena lokasinya ada disebelah kanan. Sekitar 100meter dari Bank Muamalat akan terlihat sign board BATA. Nah disampingnyalah Sate Padang Bata.
Kalo dari Hotel Arya Duta juga gampang. Tinggal berjalan ke arah Lap Merdeka. Berjalan lurus mengikuti arus lalu lintas. Sampe di ujung (Bank Mandiri ex Bank Exim) Anda berbelok ke kanan, jangan nyebrang ke Lap Merdeka. Jalan terus sekitar 100meter akan terlihat sign board BATA. Itulah dia.
Kalo dari Hotel JW Marriot, mending naik becak motor deh. Kalo naik taxi, percuma mereka nggak mau nganter, terlalu deket. Kalo naik Betor paling 5-7 ribu. Kalo minta lebih jangan mau, kecuali Anda malu. Maklum khan nginepnya di JW Marriot bo'....ntar dibilang bedangkik (pelit medit).
Dari Hotel Danau Toba, atau Tiara atau Polonia & Hotel Asean naik betor juga. Tarif sekitar 10-15 ribu. Lebih dari itu jangan mau. Nah selamat mencoba. Nanti akan saya teruskan lagi tentang Sate Padang-2 yang lain. INI MEDAN BUNG. Selamat menikmati Sate Padang yang nggak kalah nikmat dari Sate-2 di Padang sana. Percaya deh.....

Tidak ada komentar: