SELAMAT BERIBADAH PUASA

Kamis, 11 Juni 2009

RM. Pondok Yurika, Pekanbaru, Riau

Ada satu tempat makan yang menyajikan masakan khas melayu di kota Pekanbaru, Riau. Bahkan rumah makan ini bentuk rumahnya pun masih seperti rumah adat melayu yang tergolong sederhana, masih rumah panggung. Tapi kalau dilihat dari tamu-tamu yang datang sepertinya rumah makan ini salah satu tempat makan paforit untuk masakan melayu. Namanya dikenal dengan Rumah Makan Pondok Yurika….


Yap. Rumah makan yang satu ini masih rumah papan khas rumah tradisional Pekanbaru. Dinding papan begitu juga dengan lantainya. Tidak ada AC yang ada kipas besar yang berputar-putar diatas kepala kita. Terletak di jalan Sutomo diseberang sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB). Daerah ini dikenal juga dengan daerah KOREM, karena memang berada disekitar markas KOREM. Dan Rumah Makan Pondok Yurika ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 21.00 wib (lumayan lama yah…).

Menu yang disajikan khas melayu. Khas Bumi Lancang Kuning, hampir semua masakan ikan yang disajikan adalah ikan air tawar. Antara lain; Ikan Baung goreng sambal hijau, Ikan Teri Danau Goreng, Ikan Lais sale (Ikan lais seperti ikan lele, maksudnya sale karena dikeringkan dng cara di asapi). Ada juga Ikan Lais yang digoreng tepung, ada ikan Baung gulai, atau Ikan Baung (ikan ini juga seperti ikan lele tapi lebih besar) yang di masak asam padeh dan lainnya. Dan samabal yang disajikan sebagai penambah selera ada sambal dengan dengan ikan teri, juga sambal cabe merah dengan potogan bacang (buah yang mirip dengan buah mangga).

Dan sepertinya Rumah Makan Pondok Yurika ini sudah cukup terkenal di kota Pekanbaru. Karena disalah satu sisi dindingnya terpampang beberapa photo orang terkenal seperti; bapak Yusril Ihaza Mahendra, Katon Bagaskara, Shanaz Haque, pak Bondan ‘Mak Nyuss’, Aa Gym dan lainnya.

Untuk harga makanan disini maaf saya tidak sempet tahu. Solanya waktu kemarin makan disinikami dibayarin…ha…ha…ha… ha. Tapi nggak mahal deh kayaknya. So, kalau Anda datang ke kota Pekanbaru, jangan lupa mencicipi masakan khas melayu di sini. Rumah Makan Pondok Yurika. Nggak menyesal deh mencoba menu masakan Selera Bumi Lancang Kuning…….

Tidak ada komentar: