SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 12 Juli 2009

RM. Xiang-Xiang, Baloi, Batam

Kemarin temen-temen kantor saya bilang ada tempat makan yang enak banget. Menunya juga unik, ada ikan pari bakar. Lantas apanya yang unik dengan ikan pati bakar..? khan biasa juga ikan pari dibakar. Tapi mereka bilang coba aja dulu. Maka kemarin malam kami pun mencoba tempat makan itu. Nama tempat makan itu Xiang-xiang…saya nggak tahu arti kata itu…..

Terletak diperumahan Baloi Emas. Masih dipusat kota Batam. Kalo kita dari Batam Centre mau ke Nagoya, kita melewati perumahan ini. Terletak disebelah kiri jalan sebelum show room Indomobil, Batam.
Ada Gapura bertuliskan Baloi Emas disebelah kiri jalan. Masuk aja ke Gapura tersebut. Jalan Luruuus.s.s aja sekitar 500 meter hinga pagar belakang komplek. Nah kalo udah ketemu pagar ini ada jalan lain, dan akan kita temui ada banyak tempat makan tepat di depan kita. Tapi jangan salah pilih, pilihlah tempat makan yang ada tulisannya Xiang-xiang.
Langsung ambil tempat duduk. Dan minta daftar menu. Bukan main, ada banyak sekali menu yang siap disajikan. Jadi bingung mau makan apa. Tapi memang dasarnya kita mau mencoba ikan pari bakarnya. maka kami memesan ikan pari bakar. Juga ayam goreng bawang putih (nah ini juga unik). Cukup dua menu lauk. Sayurnya kami pesan baby kainan. Dan sambil menunggu makanan yang kami pesan, kami disajikan otak-otak. Maklum ini Batam. Mudah sekali untuk mencari makan yang satu ini. Sepertinya dimana tempat makan dng menu sea food, mesti ada sajian pendahulunya, otak-otak. Bagi Anda yang suka dengan petai. Ikan pari bakar ini juga bisa disajikan dengan tambahan petai. Saya jadi bingung kok ikan bakar pake petai…..?aneh…..
Kurang lebih 10-15 menit kemudian makanan yang kami pesan datang. Dan ya itu tadi, memang penyajian dan cara masak ikan pari bakar ini di RM. Xiang-xiang ini unik. Ternyata cara masaknya ikan pari dipotong-potong, kemudian dimasukan ke dalam kertas alumunium, dicampur bumbu khas baru dibakar. Jadi mesti menunya dibakar, tapi ikannya nggak terbakar. Dan pas kita coba….wuihh.h.h. enak man. Disajikan panas-panas, agak pedas, harum dan lezat banget. Emang bener…ternyata enak bo…
Dan nggak lama kemudian datang juga ayam goreng bawang putihnya itu. Ternyata ayam dipotong kecil kecil (kayak ayam tangkap Aceh). Digoreng dng bumbu gilingan bawang putih dan campuran bawang putih yang di geprak. Digoreng hingga garing. Hasilnya daging ayam yang renyah diluar dan empuk didalam. Rasanya gurih dan aroma bawang putih yang hhmm.m.m.. nikmat sekali. Oh iya kalo pesen ayam goreng bawang putih ini perhatikan dulu jumlah peserta yang makan. Kemarin kami memesan setenah ekor saja. Dan ternyata cukup banyak kok. Khawatirnya kalo kebanyakan nanti mubasir.
Menu-menu lain di rumah makan ini lumayan banyak. Dan juga variasi masakannya rada unik; ada soup ikan, soup jamur, soup cap cai (?), soup pare, soup rumput laut ( apa pula?). aneh khan saya sendiri bingung dngan menu soup rumput laut. Kok ada…. Dan rasanya seperti apa yah. Mungkin lain kali saya akan coba. Dan menu-menu sea foodnya juga beraneka ragam; kepiting rebus, kepiting saos, kepiting lada hitam, kepiting bakar. Ada kerang pepes, kerang rebus, kerang bumbu kecap, juga kerang bumbu kari. Ada udang bakar, udang goreng mentega, udang asam manis juga juga udang nestum. Pokoknya ada banyak menu-menu sea food. Ada sotong, kepiting, dan lainnya. Mantap deh pokoknya…
Oh iya. Sayur yang kami pesan, baby kailannya juga enak loh. Dan segar. Aromanya juga harum. Sepertinya tempat makan ini selalu ramai. Ada baiknya bila ingin datang untuk mencoba makanan RM. Xiang-xiang ini kita pesan tempat dulu. Nomor telepon yang tertera di daftar menu adalah; 081364512226 dan 08163610892. Dari pada jauh-jauh sudah datang ternyata nggak dapat tempat.
Jadi bila Anda datang ke kota Batam. Bagi Anda yang suka dangan makan sea food, Anda mesti mencoba RM Xiang-xiang ini. Karena disini ada menu-menu sea food yang unik. Lain dari yang lain. Di Batam, ada banyak lokasi makanan dng sajian sea food. Tapi RM. Xiang-xiang punya menu tersendiri…..lezat…nikmat dan unik……

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kapan2 kita makan disono komandan.

Bayang mengatakan...

Siap menunggu undangan makan malamnya Ndan. Monggo di tunggu....