SELAMAT BERIBADAH PUASA

Minggu, 26 Juli 2009

Soto Ayam Joyoboyo, Batam, Kepulauan Riau

Ada satu tempat makan khas Jawa Timur-an di kota Batam. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Masih disekitar Nagoya Hill. Sekitar 100 meter dari Batam Lucky Plaza atau 200 meter dari Nagoya Hill Mall. Nama tempat makan itu, Soto Ayam Joyoboyo……

Terletak dipersimpangan sekitar jalan Sakura Ampan. Sekitar 200 meter dari pintu masuk selatan Nagoya Hill, atau bila dari Batam Lucky Plaza sekitar 100 meter kea rah Nagoya Hill. Jadi Soto Ayam Joyoboyo ini berada ditengah kedua tempat tadi.
Buka mulai jam 07.30 pagi sampai pukul 11.00 malam. Buka setiap hari. Tempatnya berada diemperan persimpangan jalan Sakura Ampan. Tepat disudut jalan. Dan jalan Sakura Ampan ini bukanlah jalan raya, sehingga tempat ini sedikit nyaman dari lalu lalang kendaraan bermotor. Ada beberapa meja makan yang disediakan hingga ke badan jalan. Karena salah satu jalannya memang buntu. Jadi nggak ada kendaraan yang melintas. Paling untuk parkir.

Sajiannya nggak banyak. Paling yang ada, Soto Ayam, Tahu Tek, Pecel Lele, Ayam Penyet & Tahu-Tempe Penyet. Tapi bagi saya dan beberapa rekan-rekan saya, rasanya ada yang tidak pas bilamana sedang berada di Batam tapi tidak mampir untuk makan ditempat yang satu ini. Ya…karena Soto Ayam Joyoboyo ini memang enak sekali. Belum lagi Pecel Lelenya, sambelnya itu uenaks sekali. Terus bagi yang suka Tahu Tek, nah ini rasanya juga mantap.

Sotonya kalo menurut saya seperti Soto Ambengan, ituloh Soto khas Surabaya. Kuahnya kuning, ada potongan ayam, mi hun, irisan kol dan ada taburan bumbu yang digoreng. Saya nggak tahu namanya apa. Kemudian Tahu Tek, ini adalah potongan tahu goreng, potongan kentang rebus, potongan telur dadar, dan potongan lontong nasi. Diguyur dengan bumbu kacang seperti pecel. Dahsyat men, enak banget. Dan dijamin satu piring Tahu Tek kenyang deh perut kita. Tapi buat rekan yang doyan makan dan punya ukuran lambung lumayan silahkan nambah.

Menu lainnya adalah Pecel Lele, dan juga ayam penyet. Sajiannya standar seperti Pecel Lele atau Ayam Penyet pada umumnya. Dan seperti di tempat lain yang menyajikan Pecel Lele atau Ayam Penyet yang menjadi keunggulan atau perbedaaan adalah sambelnya. Disini buat saya sambelnya agak berbeda dari yang lain. Lebih wangi, dan pedesnya pas. Saya lebih suka jika sambel tersebut diguyur dengan sedikit kecap manis. Nyam……uenak man.

Harga perporsi makanan disini tergolong murah. Untuk Soto Ayamnya perporsi antara 15.000 sampai 17.000 Rupiah. Kok berbeda, ya beda bila kita minta sajiannya berbeda. Contoh kalo saya suka sekali bila ditambah dengan potongan bagian brutu ayam. Ituloh, bagian bokong ayamnya…ha…ha…ha…. Atau ada juga rekan saya yang kalo makan Soto Ayam disini minta ditambah dengan kepala ayam. Ini mungkin bagi sebagian orang juga aneh dan lumayan sadis..ha...ha...ha. Tapi itulah selera, setiap orang punya selera yang berbeda terhadap suatu makanan. Untuk Tahu Tek perporsi harganya 10.000, Pecel lele atau Ayam Penyet sama sekitar 15.000. Masih termasuk murahkan…? Maklum ini Batam Bro… sedikit berbeda dng harganya.

Nah untuk Anda yang sedang berkunjung ke Batam dan kebetulan menginap di Hotel seperti Hotel Harmoni, Hotel i, Atau hotel Panorama juga hotel lain disekitar Nagoya Hill. Gampang sekali kalo mau kesini. Tinggal panggil ojek, bilang aja Soto Ayam Joyoboyo, dijalan Sakura Ampan. Ituloh yang deket Lucky Plaza. Tarif one way Rp.5.000 atau Goceng. Jadi silahkan bila Anda sedang berada di Batam unttuk mengunjungi Soto Ayam Joyoboyo ini. Jamin nggak bala nyesel deh. Justru kalo nggak mampir bakalan nyesel.

Tidak ada komentar: