SELAMAT BERIBADAH PUASA

Senin, 10 Mei 2010

Ayam Goreng Lombok Idjo, Semarang, Jawa Tengah

Tiba di Semarang disambut hujan yang sangat lebat. Sementara saya harus meneruskan perjalanan ke Yogyakarta. Perut sudah mulai lapar. Dan makanan di Bandara Ahmad Yani ini rasanya kurang pas. Mumpung di Semarang, lebih baik mencoba masakan kota Semarang. Dengan menggunakan taxi saya keluar bandara menuju kota dan saya tanyakan ke supir taxi, diamana tempat makan yang murah, terkenal dan lumayan enak. Supir taxi menyarankan saya mencoba rumah makan Ayam Goreng Lombok Idjo di jalan Gajah Mada…….

Ramai sekali rumah makan Lombok Idjo ini. parkir yang tersedia hamper penuh. Untungnya masih ada meja yang kosong. Seorang pelayan memberikan saya daftar menu. Menu yang tersaji banyak sekali. tapi sepertinya menu utama di sini adalah ayam goreng dan ayam bakar. Harganya ternyata murah sekali; Ayam goreng atau ayam bakar Rp. 7.000. dan disini juga dijual kepala ayam dengan harga Rp. 1.500, ati goreng dan ampela Rp. 3.000. ada juga empal penyet dengan sambel terasi atau sambel bawang atau sambel Lombok ijo seharga Rp. 9.000. Empal goreng seharga Rp. 7.000. tahu dan tempe goreng Rp. 3.500. Meski harganya relative murah ternyata potongan ayam maupun tahu-tempenya lumayan besar.

Semula saya mengira ayam gorengnya disajikan dengan bumbu yang berbeda. Tapi ternyata ayam gorengnya biasa saja. Tidak ada yang istimewa baik dari penyajian maupun rasa. Nyaris sama dengan ayam goreng di rumah makan padang. Bahkan disini bisa dikatakan bumbu dan rasanya kurang berani. Disajikan dengan sambel goreng cabai hijau. Dan sambelnya mirip-mirip dengan sambel hijau diumah makan padang juga. Kalau untuk lidah saya yang sering mencicipi masakan Sumatera yang berani bermain dangan bumbu, rasanya ayam goreng Lombok Idjo ini kurang nendang. Tapi ayam bakarnya lumayan. Rasa manis kecapnya lumayan enak. Tiap porsi tahu dan tempenya ada 3 potong. Jumlah yang lumayan untuk sekali makan. Tapi yang membingungkan tempat makan ini selalu ramai. Apakah karena harganya yang murah itu. Bisa saja.

Rumah makan Ayam Goreng Lombok Idjo ini buka dari jam 10.00 sampai 21.30 wib. Berada dijalan Gajah Mada no. 158. Diseberang Omah Mode, Semarang. Tempat makannya kurang lapang. Kursi dan meja yang tersedia sepertinya agak rapat. Jadi kalau kita makan disini berama keluarga dan ada anak-anak yang ikut agak repot nih. Agak sumpek dan kurang nyaman. Tapi untuk harga yang murah seperti itu, lumayanlah. Apalagi kalo kita ditodong untuk traktir temen-temen sementara kita lagi nggak bawa uang cukup. Bawa saja temen-temen ke rumah makan Lombok Idjo ini. Semua beres. Semua bisa makan, bisa kenyang, dan dompet tetap aman di rumah makan Ayam Goreng Lombok Idjo….

Tidak ada komentar: