SELAMAT BERIBADAH PUASA

Selasa, 30 Maret 2010

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Jakarta

Setelah seharian keliling Jakarta-Bekasi hingga Tambun. Sebentar nongkrong di Mall Ambasador, Kuningan. Letih sekali. Nongkrong sebentar sambil liat-liat barang-barang elektronik disini. Cape keliling mall, lama kelamaan laper juga. Waktu sudah menunjukan pukul 19.00 wib. Udah mulai malam dan perut terasa lapar. Makan dimana nih. Pikir sebentar… dan saya putuskan untuk makan di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang terkenal itu. Dan kesanalah saya pergi untuk makan malam…..

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini terkenal sekali di Jakarta. Terutama bagi yang suka makan diluar atau penikmat kuliner. Menurut saya jika Anda adalah penikmat atau seorang wisatawan kuliner, dan Anda sering atau berdomisili di Jakarta tapi tidak pernah mencoba Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini, saya rasa Anda belumlah seorang penikmat kuliner sejati. Asli…tidak sah….

Dulu disini yang ada hanyalah nasi goreng kambing dan ada juga sate kambing. Tapi kemarin sewaktu kembali datang kesini ternyata menu yang disediakan bertambah. Antara lain; nasi goreng kambing, nasi goreng ayam, sate kambing, sate ayam, juga sop kambing. Mungkin karena banyak permintaan, maka mereka menambah menu-menu baru. Maklum ada juga orang yang tidak suka makan daging kambing. Untuk menu minuman tidak berubah, soft drink. Ada berbagai soft drink, tinggal pilih. Ada juga disediakan peyek kacang, emping juga kerupuk ikan.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini memang khas sekali. Aromanya juga sangat khas. Untuk bumbu yang mereka gunakan saya tidak tahu banyak. Tapi yang pasti mereka menggunakan minyak Samin. Ituloh mentega yang dibuat dari lemak hewani (sapi, kerbau, unta atau kambing) yag berasal dari daerah Arab atau Afrika. Mungkin ini juga yang mempengaruhi cita rasa dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini. Satu porsi nasi goreng kambingnya seharga Rp. 20.000. Cukup murah. Dan satu porsi ini cukup banyak untuk dimakan satu orang. Dengan potongan daging kambing yang besar-besar. Aromanya sangat harum dan nasi berwarna kecoklatan dan ditaburi bawang goreng dan sedikit empingh melinjo. Disajikan dengan acar berupa potongan mentimun, kol dan wortel. Acarnya sedikit pedas dan asam. Cocok untuk teman makan nasi goreng kambing ini. yummy…. Lezat sekali.

Tempat makan ini terletak di jalan Kebon sirih. Tepatnya Jalan Kebon Sirih Barat I. Jalan kecil ini berada diantara kantor Bank Mandiri dan gedung Menara Ravindo. Bila Anda menginap di Hotel Arya Duta. Anda tinggal jalan keluar dari hotel kearah kanan, ke arah Sabang. Jalan terus melewati lampu merah. dari hotel Arya Duta sekitar 400 meter. Tinggal liat aja bagian jalan kebon sirih yang ramai, itulah dia. Dan jika Anda dari arah Sabang, Anda berbelok ke kanan setelah lampu traffic kearah tugu Pak Tani, sekitar 100 meter saja disebelah kanan dari traffic light.

Mudah khan. Silahkan datangi tempat ini. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Dari beberapa rekan yang saya ajak. Mereka tidak pernah kecewa. Dan saya yakin, Anda pun pasti tidak akan kecewa.
Selamat menikmati……..

2 komentar:

gonar gozali mengatakan...

di sebelah mananya ya? apa berupa restoran ato kaki lima?

Bayang mengatakan...

Emperan sob. Ada dipinggir jalan kecil. Kalo malem ps buka, rame deh. Ampe keluar jalan.